Wednesday 18 December 2013

Tips Mengenal Teknik Mendayagunakan Pikiran

Tips mengenal teknik mendayagunakan pikiran ada 3 (tiga) teknik mendayagunakan pikiran kita. Dengan memasuki pikiran bawah sadar kita dapat meningkatkan kecerdasan kreatif dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Beberapa manfaat kekuatan pikiran bawah sadar kita adalah untuk mem-program kembali pikiran bawah sadar, mempercepat proses pembelajaran, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara kreatif, maupun membangkitkan intuisi dan kreativitas. Ada beberapa keterampilan dasar yang perlu kita ketahui dalam menerapkan teknik-teknik yang disebutkan di atas, yaitu relaksasi afirmasi, dan visualisasi.
Teknik Mendayagunakan Pikiran
Teknik Mendayagunakan Pikiran

Relaksasi. Untuk masuk ke pikiran bawah sadar kita harus berlatih untuk menurunkan frekuensi gelombang otak dengan cara melakukan relaksasi dan teknik membangun tempat kedamaian. Yang dimaksud dengan tempat kedamaian adalah suatu tempat imajiner dalam pikiran yang kita bangun untuk menenangkan pikiran kita. Setiap kita membanyangkan tempat itu kita merasa relaks dan seluruh beban pikiran kita terlepas.

Beberapa prinsip dan teknik menurunkan frekuensi gelombang otak  (memasuki pikiran bawah sadar), yaitu :

  • Setiap orang memiliki cara untuk relaks atau santai yang beragam, ada yang membaca, mendengarkan musik, melakukan olahraga, nonton film, mandi rendam air panas, di pijat atau hanya sekedar duduk menikmati pemandangan di sekitarnya.
  • Relaksasi terbagi atas dua bagian, yaitu relaksasi fisik untuk melemaskan kembali otot tubuh yang tegang, dan relaksasi secara mental untuk menurunkan frekuensi gelombang otak.
  • Musik dengan ketukan antara 56-60 per menit sangat bermanfaat untuk relaksasi. Musik dengan ketukan seperti itu dapat menyebabkan denyut jantung kita menyesuaikan sampai 56-60 denyutan per menit. Jika jantung berdenyut selambat itu, berarti kita sedang menuju kepada keadaan alpha atau relaks. Contoh musik seperti itu misalnya musik klasik barok, atau musik untuk meditasi yang banyak di jual dewasa ini.
  • Jika pikiran kita dipenuhi masalah dan tekanan, sehingga kita sulit melakukan relaksasi dengan cara yang biasa kita lakukan, kita dapat menurunkan frekuensi gelombang otak melalui cara-cara tertentu misalnya saat teduh, suasana hening, dan mendengarkan suara air mengalir.

Afirmasi. Latihan afirmasi merupakan cara yang paling mudah dan sederhana untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar. Afirmasi berupa pernyataan pendek dan sederhana yang kita sampaikan terus menerus dan berkali-kali kepada diri kita. Pada saat melakukan afirmasi sesungguhnya kita sedang mempengaruhi keadaan pikiran bawah sadar kita.

Visualisasi. Kita harus dapat menggambarkan apa yang kita inginkan atau apa yang kita harapkan dalam pikiran kita dengan jelas, sehingga kita benar-benar dapat melihat diri kita sendiri dalam pikiran kita. Proses membuat gambaran dalam pikiran kita adalah seperti membuahi sebuah realitas. Yang terpenting disini adalah keyakinan bahwa apa yang kita buahi tersebut akan menjadi kenyataan pada waktunya nanti. Inilah rahasia kesuksesan mereka yang secara disiplin dan yakin melakukan proses visualisasi dalam kehidupannya. Sering kali banyak di antara kita pernah melakukan hal ini secara tidak sadar. Visualisasi berbeda dengan melamun, karena visualisasi bersifat aktif dan proaktif membangun sebuah realitas yang kita impikan.

Dengan mengetahui serta berlatih secara terus menerus cara-cara relaksasi, afirmasi, dan visualisasi kita dapat melakukan pemrograman ulang terhadap pikiran bawah sadar kita, atau meningkatkan kemampuan belajar membaca kita, merumuskan tujuan hidup atau pencapaian keinginan kita atau juga membangkitkan intuisi dan kreativitas untuk pengambilan keputusan atau juga pemecahan masalah yang kita hadapi dari hari ke hari.

No comments:

Post a Comment